Berita, Tilongkabila – Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli mendorong para pelaku UMKM di daerah itu untuk memanfaatkan platform online sebagai wadah pemasaran.
Menurut Bupati Merlan meningkatkan jaringan pemasaran adalah sesuatu yang sangat penting. Ia ingin pelaku usaha kecil harus memanfaatkan pemasaran digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas, baik di dalam negeri maupun internasional.
“Dengan menggunakan platform online, mereka dapat memperkenalkan produk mereka kepada lebih banyak konsumen,”ujar Bupati Merlan S. Uloli saat membuka Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Baru yang digelar di Gallery Centerpoint Bone Bolango, Jumat (30/8/2024).
Lebih lanjut, Merlan yang juga Ketua IWAPI Bone Bolango itu mengungkapkan penggunaan teknologi yang sesuai dapat meningkatkan efisiensi produksi dan kualitas produk.
Dengan menerapkan teknologi tepat guna, kata Merlan pelaku usaha dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan produktivitas.
Kata Merlan media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk pemasaran. Ia mendorong pelaku usaha harus aktif di platform media sosial untuk mempromosikan hasil produk, berinteraksi dengan pelanggan, dan mendapatkan umpan balik yang berguna.
“Melakukan promosi yang efektif, baik melalui media cetak maupun digital, dapat meningkatkan visibilitas produk. Pelaku usaha harus menciptakan konten yang menarik dan relevan untuk menarik perhatian konsumen,”katanya.
Selain itu pelaku UMKM juga diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam pameran dan festival yang dapat membantu memperkenalkan produk secara langsung kepada konsumen.
“Ini juga merupakan kesempatan untuk membangun jaringan dan mendapatkan umpan balik langsung dari pasar. Membangun lingkungan usaha yang mendukung, termasuk kolaborasi dengan lembaga pemerintah dan swasta, dapat membantu pelaku usaha kecil dalam mengatasi tantangan yang mereka hadapi. Ini termasuk akses ke modal dan sumber daya lainnya,”tandasnya. (Tim Redaksi)